Thursday, February 22, 2018

Affiliate Marketing Tanpa Menggunakan Website

Pada awal tahun 2000an, affiliate marketing begitu menjamur di dunia internet. Pada tahun tersebut juga, jual beli online sedikit mulai mendapatkan tempat pada hati pengguna internet. Bagi Anda yang sekarang sedang gencar-gencarnya ingin mencoba affiliate marketing atau mungkin sedang tahap awal berkenalan dengan affiliate marketing, kami akan mencoba membahas sedikit apa itu affiliate marketing serta bagaimana cara melakukkan affiliate tanpa menggunakan website.
Kita patut berterima kasih kepada Amazon
Pada awalnya, pendiri Amazon Jeff Bezos bertemu dengan seorang perempuan yang menginginkan menjual buku dari Amazon, tetapi melalui website. Akhirnya Jeff memberikan link yang memungkinkan wanita tersebut menjual buku dari Amazon, dan setiap buku yang terjual sang wanita tersebut mendapatkan komisi. Dari situlah, Jeff membuat program affiliate yang meledak sampai sekarang.
Affiliate marketing adalah cara pemasaran dimana Anda membantu menjualkan produk orang lain secara online. Kasarannya adalah, Anda menjadi marketingonline. Beberapa orang mungkin bingung, karena kebanyakan pelaku affiliatemarketing menggunakan website untuk memasarkan produknya. Lalu bagaimana caranya ketika Anda tidak mempunyai website, apakah bisa tetap menjadi affiliate marketing? Inilah cara-cara melakukan affiliate marketing tanpa menggunakan website.
Memakai media sosial
Cara pertama adalah dengan menggunakan media sosial. Jadi, Anda bisa memanfaatkan Facebook, Twitter, Instagram, sampai LinkedIn untuk memasarkan produk. Kelebihan menggunakan media sosial untuk affiliatemarketing adalah gratis. Sedangkan kelemahannya adalah, Anda harus berusaha keras untuk mendapatkan followers atau pengikut media sosial Anda. Karena tidak gampang mendapatkan followers yang jumlahnya ratusan, bahkan ribuan.
Misalnya Twitter, Anda harus melakukan cara-cara unik untuk mendapatkan followers. Seperti menampilkan foto profil yang bagus, men-tweet beberapa hal yang memang bermanfaat bagi followers Anda. Sedangkan untuk Anda yang mencoba Facebook Pages, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara membuat Pages yang baik. Mulai dari postingan, profile, sampai ketika Anda mengupload foto.
Manfaatkan forum
Forum adalah tempat yang sangat pas untuk memasarkan produk affiliatemarketing Anda. Beberapa forum seperti Kaskus, indowebster, Detik Forum, Kompasiana, dan lain-lain mempunyai pengunjung serta anggota yang sangat banyak. Tetapi, ada sedikit kelemahan ketika Anda yang ingin memanfaatkan forum sebagai alat untuk affiliate marketing.
Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah peraturan dan kategori yang ada di forum tersebut. Tidak semua forum harus mengizinkan Anda untuk memasarkan produk. Seperti Kaskus, pada thread yang ada di sub kategori, Anda tidak diperbolehkan untuk berjualan secara langsung. Jadi, caranya adalah Anda bisa ikut berinteraksi dan sesekali kopi darat. Ketika ada beberapa orang yang membutuhkan produk, baru Anda bisa menawarkan produk affiliate.
Pemasaran secara email
Ini adalah keistimewaan ketika Anda mempunyai email list yang cukup banyak. Anda bisa menggunakan email untuk memasarkan produk affiliate Anda. Misalnya produk tersebut adalah e-book, jadi Anda bisa membuat text beserta gambar yang menarik untuk menarik pasar Anda. Beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika Anda memutuskan memasarkan produk affiliate lewat email adalah desain, subject, dan isi email Anda. Untuk belajar menggunakan email marketing, Anda bisa melihat beberapa contoh email newsletter yang ada di inbox email Anda.
Menggunakan messenger
Cara terakhir yang bisa Anda gunakan adalah menggenakan messenger. Sekarang hampir semua messenger yang bisa Anda install di smartphone pasti mempunyai timeline. Nah, yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan timeline yang ada di aplikasi messenger tersebut. Misalnya BlackBerry Messenger (BBM), aplikasi tersebut mempunyai timeline yang berisi update status teman-teman Anda. Selain BBM, aplikasi messenger lain yang mempunyai timeline adalah LINE.
Selain memanfaatkan timeline, Anda juga bisa membuat group di dalam messenger tersebut. Misalnya ada sekitar 10 teman BBM yang sudah pernah membeli produk affiliate Anda. Agar mereka tidak ketinggalan update seputar produk affiliate terbaru, Anda bisa membuatkan group chat. Group chat ini sangat berguna untuk mengetahui siapa pengguna loyal produk Anda.
Itulah 4 cara bagaimana melakukan affiliate marketing tanpa menggunakan website sendiri. Semua cara di atas bisa Anda lakukan dengan gratis, yang peru Anda lakukan adalah memanage akun-akun tersebut dengan baik dan rajin. Selamat mengikuti program affiliate marketing.

No comments: